Contoh Surat Keterangan Masih Aktif Sebagai Siswa

Sahabat pengunjung Folder Contoh Surat yang budiman. Aktifitas surat menyurat di zaman sekarang merupakan suatu kebutuhan. Hampir semua lembaga, organisasi, instansi, perusahaan, dan kantor memiliki tenaga atau staf yang khusus mengurusi kegiatan tersebut.


contoh surat keterangan masih aktif sebagai siswa di sekolah

Seperti di sekolah, lalu lintas keluar masuknya surat itu adalah hal biasa. Mulai dari surat keterangan, surat penugasan, surat permohonon, surat edaran, dan lain-lain. Di antara surat resmi sekolah yang sudah diposting di sini adalah surat keterangan lulus sekolah dasar.

Dan pada postingan ini, admin akan berbagai lagi contoh surat yang sering diminta dan diterbitkan oleh sekolah, yaitu surat keterangan masih aktif sebagai siswa.

Apa itu surat keterangan masih aktif sebagai siswa?

Surat di atas sering juga disebut surat keterangan siswa. Ini adalah surat yang dikeluarkan oleh bagian TU sekolah, yang isinya menerangkan bahwa siswa yang tersebut di dalamnya adalah benar-benar siswa yang tercatat sebagai siswa di sekolah tersebut dan masih aktif belajar pada saat penerbitan surat. 

Surat ini merupakan surat resmi, jadi sebagaimana lazimnya surat-surat resmi dibuat, harus memenuhi beberapa unsur.
  • Memiliki kepala surat (KOP Surat).
  • Diberikan penomoran pengarsipan surat.
  • Ditulis dengan bahasa yang formal dan baku.
  • Ditulis lokasi, dan tanggal penerbitan surat.
  • Ditandatangani oleh kepala sekolah.
  • Dan terakhir diberi stempel lembaga atau sekolah.

Apa kegunaan surat keterangan siswa?

Surat keterangan ini memiliki beberapa kegunaan dan fungsi sebagai berikut:
  • Syarat pengajuan beasiswa.
  • Syarat mengikuti lomba.
  • Syarat pengajuan tambahan tunjangan gaji.
  • Syarat pelengkap mendaftar di asuransi.
  • Dll.

Bagaimana cara mendapatkan surat keterangan sekolah?

Cara untuk mendapatkan surat tersebut sangatlah mudah, yaitu dengan mangajukan permohonan kepada pihak sekolah, baik secara lisan maupun tulisan. Namun dianjurkan menggunakan bahasa tulisan dalam bentuk surat permohonan yang jelas dan ditulis langsung oleh pemohon (orang tua atau wali murid).

Seperti apa contoh surat keterangan masih aktif sebagai siswa?

Berikut ini admin sajikan contoh suratnya langsung dalam bentuk tulisan yang bisa disalin ulang dalam file word/doc, sehingga memudahkan Anda untuk mengeditnya sesuai kebutuhan:

KOP SURAT
-----

SURAT KETERANGAN SISWA
Nomor: ____________________



Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala _____________________ (diisi dengan nama sekolah), dengan ini menerangkan bahwa:

Nama            :
TTL               :
NISN             :
Alamat          :

adalah benar-benar siswa ________________________ (diisi dengan nama sekolah), dan tercatat aktif sebagai siswa di kelas __________ Tahun Ajaran _______________.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya, dan diberikan kepada yang bersangkutan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

__________ , ____________________
(lokasi penerbitan surattanggal, bulan, dan tahun penerbitan surat)

Kepala Sekolah __________ (diisi dengan nama sekolah)

(ttd dan stempel)
( ____________________ )
NIK: ____________________

Bagi Anda yang berprofesi sebagai staf TU sekolah yang kebingungan dalam membuat surat keterangan siswa, maka semoga contoh surat di atas bisa membantu Anda dan menjadi referensi atau acuan dalam pembuatannya.

Baca jugaContoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Masih Aktif Sebagai Siswa"

Post a Comment