Contoh Surat Permohonan Dana Pembangunan Masjid

Sahabat Folder Contoh Surat yang berbahagia. Kali ini admin akan kembali menulis tentang surat permohonan, yaitu surat permohonan bantuan dana pembangunan masjid.
contoh surat permohonan bantuan dana pembangunan masjid
Surat permohonan ini biasanya digunakan sebagai surat pembuka 1 (satu) bundel proposal permohonan bantuan. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kondisi perekonomian kaum muslimin terutama di pedesaan bukanlah menengah ke atas. Rata-rata pekerjaan mereka adalah bertani. Apa yang dihasilkan hanya bisa untuk makan sehari-hari saja, tidak lebih.

Mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam. Tentunya mereka ingin bisa beribadah di masjid yang layak dan nyaman. Namun sayang, fakta di lapangan tidaklah seperti itu.

Dan ketika ingin membangun sebuah tempat ibadah yang representatif, maka diperlukan uluran tangan dari pada muhsinin/donatur. Dan untuk mendapatkannya, perlu disusun sebuah proposal permohonan bantuan untuk disebarkan ke kalangan orang-orang yang berekonomi menengah ke atas.

Surat seperti ini harus dibuat resmi dan disusun kepanitiaan khusus. Mengapa? Supaya memberikan nilai kepercayaan kepada para calon donatur sehingga mereka tidak segan untuk mengeluarkan hartanya. Dan akan lebih baik lagi jika di dalam proposal dilampirkan surat rekomendasi dari tokoh yang sudah dikenal oleh masyarakat banyak.
pemugaran dan pembangunan masjid
Masjid Pesantren Al-Andalus
Dan berikut ini contoh surat permohonan yang digunakan untuk mengawali proposal tersebut:
KOP SURAT
-----

Nomor : A-1/05/PPM/IV/2000 Sumbersawit, 3 Muharram 1421H
Lamp. : 1 bundel      8 April 2000
Hal : Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, keluarga, sahabat, dan terliimpah pula kiranya kepada para pengikut beliau yang setia sampai akhir zaman. Semoga kita selalu dalam bimbingan Allah -‘azza wa jalla- dalam membina umat ini sehingga terwujud masyarakat Islam yang diridhai Allah -subahanahu wa ta’ala-.

Amma ba’du, kami beritahukan dan memohon dengan hormat lagi sangat kepada para Muhsinin untuk dapat memberi bantuan pada pembangunan Masjid “Al Mujahidin” di Dusun Belik Desa Sumbersawit Kec. Panekan Magetan (Dusun terpencil di lereng gunung Lawu) yang sampai kini belum ada masjid yang kami gunakan untuk membina umat yang masih jauh tertinggal.

Sehubungan dengan hal tersebut dan karena tidak adanya dana dan karena jama’ah kami terdiri dari kaum dhuafa, untuk itu kami mohon bantuannya untuk mewujudkan rencana kami tersebut.

Dengan ini kami lampirkan:

1. Rencana Anggaran Pembangunan Masjid Al-Mujahidin.
2. Gambar Masjid, Peta Dakwah, Peta Lokasi.
3. Surat Kesanggupan mengelola sesuai Al-Quran dan Sunnah Rasulillah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.
4. Susunan Panitia.

Demikian atas terkabulnya permohonan ini, tak lupa kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Panitian Pembangunan Masjid “AL-MUJAHIDIN”
Dusun Belik Desa Sumbersawit Panekan Magetan

Ketua Sekretaris

AHMAD RUSMIN SUPARNI

Mengetahui Mengetahui
Kepala KUA Kec. Panekan Kepada Desa Sumbersawit

ttd dan stempel ttd dan stempel

KH. M. HASYIM, S.Ag. SUNYOTO

Mengetahui
Camat Kepala Wilayah Kec. Panekan

Ttd dan stempel

MARIJADI
Demikian contoh surat permohonan bantuan dana untuk pembangunan masjid di sebuah desa di Magetan. Semoga apa yang telah admin tulis, bisa menjadi acuan bagi Anda yang terlibat dalam kepanitiaan yang sama dan ingin membuatnya namun masih bingung akan format penulisan atau isinya.


Kurang lebihnya mohon dimaafkan, dan terima kasih atas waktu dan kunjungannya.

0 Response to "Contoh Surat Permohonan Dana Pembangunan Masjid"

Post a Comment