Contoh Surat Permohonan Bantuan Zakat

Sahabat Folder Contoh Surat yang budiman. Admin kemaren telah memposting artikel dengan judul contoh surat pemohonan menjadi pemateri. Dan kali ini admin akan kembali berbagi contoh surat permohonan, namun kali ini adalah surat permohonan bantuan zakat, infak, dan shadaqah.


contoh surat permohonan bantuan zakat, infaq, dan shadaqah

Surat permohonan seperti ini biasanya beredar menjelang atau setelah memasuki bulan suci Ramadhan. Admin banyak menemukan semacam surat ini di beberapa masjid. Oleh karena itu, admin sengaja menyalin surat-surat tersebut untuk dijadikan postingan di blog, siapa tau bisa bermanfaat untuk pembaca blog ini.

Langsung saja, berikut ini contoh surat permohonan bantuan zakat, infaq, dan shadaqah dari takmir masjid dan pangurus panti asuhan:

  • Surat permohonan bantuan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) pertama

KOP SURAT
-----


Nomor : 15/Al-Khoir/VI/2017 Semarang, 14 Juni 2017
Lamp. : -
Hal : Permohonan Bantuan Zakat, Infak dan Shadaqah

Kepada Yth.
Takmir Masjid Thayyibah Tembalang
Di Semarang

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Alhamdulillah, kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah -subhanahu wa ta’ala- yang telah menganugerahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, keluarga dan sahabatnya, tabi’in, tabi’it tabi’in, dan kepada seluruh umatnya yang senantiasa mengikuti ajarannya hingga hari Akhir.

Selanjutnya, dengan ini kami sampaikan bahwa kami dari Panitia Penerima dan Penyalur Zakat Fitri, Zakat Mal, Infaq, ddan Shadaqah Masjid Al-Khoir siap menerima dan menyalurkan bantuan dari isntansi pemerintah, swasta, dan muhsinin. Dan akan kami salurkan kepada mereka yang berhak menerimanya, di antaranya adalah: fakir, miskin, gharim, dan sabilillah.

Kami berkeyakinan bahwa program ini akan sukses dengan bantuan dan uluran tangan dari Bapak/Ibu. Untuk itu kami selaku pengurus memberanikan diri untuk mengajukan permohonan Zakat, Infaq, dan Shadaqah yang Bapak/Ibu keluarkan atau kelola, dan akan kami salurkan kepada:
  1. Fakir, dan miskin di lingkungan masjid kami.
  2. Fakir, dan miskin dari wali murid TPQ Al-Khoir.
  3. Sabilillah

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

TAKMIR MASJID AL-KHOIR

Ketua Sekretaris

Ttd stempel ttd

Ibnu Hajar Attir Midli

  • Surat permohonan bantuan ZIS kedua

KOP SURAT
-----


No.         : 08/PA/AF/Prop.Z/VI/2017
Lamp. : 1 (satu) Bundel
Hal         : Permohonan Zakat, Infaq, dan Shadaqah

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/Saudara
Kaum Muslimin, dan Muslimat
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh.

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah -subhanahu wa ta’ala-, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi nikmat, iman, dan islam. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, karena dengan suritauladannya kita tetap saling bertali asih kepada semua umat demi menjalankan ajaran agama Islam yang kita yakini.

Dalam rangka meningkatkan amalan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1438H, kami pengurus Panti Asuhan Yayasan Al-Fithroh Kel. Tlogomulyo Kec. Pedurungan Kota Semarang, mengajak bapak/ibu/saudara/i/instansi pemerintah/swasta serta kaum muslimin dan muslimat pada umumnya untuk melaksanakan zakat, infaq, dan shadaqah.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka kami memohon sudilah kiranya bapak/ibu/saudara/i dan kaum muslimin pada umumnya untuk berkenan menyalurkan zakat, infaq, dan shadaqahnya pada Panti Asuhan yang kami kelola.

Besar harapan kami atas terkabulnya permohonan ini, atas perhatian dan partisipasinya, dihaturkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

PANITIA PENERIMAAN ZAKAT FITRI PANTI ASUHAN YAYASAN AL-FITHROH
KEL. TLOGOMULYO KEC. PADURUNGAN KOTA SEMARANG


Semarang, 11 Mei 2017

Ketua Sekretaris

Ttd stempel ttd

Ust. M. Zainuddin Ust. Supadi


Mengetahui

Pengasuh P.A. dan Pon.Pes Al-Fithroh

Ttd

M. Misbakhul Munir
Demikian contoh surat resmi permohonan zakat, infaq, dan shadaqah yang banyak beredar di bulan suci Ramadhan. Semoga 2 (dua) contoh surat di atas bisa menjadi referensi atau rujukan bagi Anda yang sedang mencari dan membutuhkannya.

Baca juga: Contoh Surat Undangan Buka Puasa Bersama.

Jika ingin bertanya atau memberikan komentar, silahkan Anda tulis via melalui kolom komentar di bawah ini.

2 Responses to "Contoh Surat Permohonan Bantuan Zakat"