Contoh Surat Keterangan Sehat/Sakit Dari Dokter

Sahabat Folder Contoh Surat yang budiman. Ini adalah artikel kedua yang admin terbitkan di blog sederhana ini. Masih satu kategori dengan postingan sebelumnya, yaitu surat keterangan.


contoh surat keterangan dari dokter

Surat keterangan dari dokter bisa disebut dengan dua penamaan, yaitu surat keterangan sehat, dan surat keterangan sakit. Tergantung mana yang dicoret oleh dokter pemeriksa. Dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Surat keterangan sehat diperlukan ketika melamar kerja. Salah satu dokumen syarat yang harus dipenuhi adalah surat sehat. Atau dibutuhkan juga oleh siswa/siswi sebagai kelengkapan syarat untuk mendaftar di sekolah/pesantren.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Masih Aktif Sebagai Siswa.

Adapun surat keterangan sakit, tidak kalah penting dengan surat sehat. Surat ini sangat dibutuhkan oleh orang yang berstatus sebagai pegawai di perusahaan swasta, atau pegawai negeri sipil (PNS). Jika ia sakit dan tidak bisa masuk kantor, maka surat ini adalah alat bukti yang menjelaskan keadaan kesehatannya yang sesungguhnya. Sehingga pihak perusahaan atau kantor bisa memberikan izin/cuti tidak masuk kerja karena alasan sakit.

Dan sudah menjadi aturan dunia kerja, siapa saja yang mangkir dari kerjanya tanpa alasan yang bisa diterima, maka ia akan berhak mendapat teguran baik secara lisan, atau tulisan yang biasanya dalam bentuk surat peringatan (SP). Jadi dengan adanya surat tersebut, pihak perusahaan/kantor akan  memberikannya izin, dan tidak mengganggapnya mangkir.

Dan surat ini juga bisa digunakan oleh adik-adik yang masih berstatus pelajar, di saat mereka tidak bisa masuk sekolah karena sakit. Maka ketika mengajukan izin, surat keterangan sakit perlu dilampirkan sebagai bukti bahwa ia benar-benar sakit dan harus istirahat selama beberapa hari, supaya pihak sekolah menerima alasannya dan memberikan izin.

Surat keterangan sakit atau sehat dari dokter banyak bentuk dan macamnya, namun secara umum isinya adalah menerangkan bahwa orang yang tertera di dalamnya (nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, dan alamatnya) setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan SEHAT atau SAKIT.

Berikut ini salah satu contoh surat keterangan dari dokter yang sampai ke tangan admin:
surat keterangan dari dokter
surat dokter kosong
 Dan salinan tulisannya adalah sebagai berikut:

dr. TENA, DJ
SIP : 446.1/0434.1/Pu Kes-3/VI/2011
STR : 312/1001060/4226
Bumi Nasio Indah B 10/7 RT.009/0015
Kel. Jati Mekar – Bekasi
Telp. 021 – 8475534

SURAT KETERANGAN

Bersama dengan surat ini saya terangkan bahwa :
Nama                    : ........................................................................
Jenis Kelamin         : ........................................................................
Umur                    : ........................................................................
Pekerjaan              : ........................................................................
Alamat                  : ........................................................................
                              ........................................................................

Setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan SAKIT/SEHAT*)  dan memerlukan istirahat selama .......... hari (....................) sejak tangal .............................. s/d ..............................

Demikianlah surat keterangan ini saya perbuat, untuk dipergunakan dengan seperlunya.

*) Coret yang tidak perlu


Bekasi, ......................... 20 ..........
Dokter yang memeriksa



dr. Tena. DJ.

Demikian contoh surat keterangan sehat atau sakit dari dokter. Sebenarnya surat ini bisa diperoleh dari selain dokter, seperti klinik, bidan, atau rumah sakit. Namun admin hanya memberikan satu contoh saja, yang dari dokter. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Baca jugaContoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa.

Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Sehat/Sakit Dari Dokter"

Post a Comment