Contoh Surat Kuasa Pengurusan Mutasi Kendaraan

Sahabat Folder Contoh Surat yang berbahagia. Beberapa bulan yang lalu atasan membeli mobil bekas di Semarang, kota asal istri admin. Tak lama setelah itu liburan idul fitri tiba -kebetulan liburannya lumayan lama-, pak Bos meminta tolong kepada saya untuk mengurusi mutasi kendaraan barunya.

Dikarenakan pemilik awal tidak ingin terlalu lama namanya digunakan di mobil tersebut. Jadi mau tidak mau harus diurus sesegera mungkin. Dan pak Bos tau kalau admin akan mudik ke Semarang, oleh karena itu beliau meminta saya untuk mengurusnya.
speedometer mobil
via Pixabay
Tapi, karena satu dua hal. Proses pengurusan belum bisa dilaksanakan hingga admin kembali ke tempat kerja di Kab. Bogor. Dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) kendaraan yang sudah dibawa sejak awal liburan admin tinggal di rumah mertua. Dan setelah diskusi, mertua sanggup untuk mengurusinya.

Setelah beberapa saat mertua mengabari kalau ada syarat yang kurang, yaitu KTP asli pemohon dan surat kuasa mutasi kendaraan (jika tidak diurus sendiri). Dokumen yang sudah ada sebelumnya adalah:
  1. BPKB asli.
  2. Surat Keterangan Cek Fisik Kendaraan (Gesek).
  3. Kwitansi pembelian kendaraan.
Hingga postingan ini ditulis, mutasi kendaraan (mobil) masih dalam proses. Menurut bapak kandung admin yang pernah mengurusi mutasi mobil beberapa bulan sebelumnya, proses mutasi bisa memakan waktu satu bulan. Wallahu a'lam, apakah selama itu juga atau bisa lebih cepat.
syarat mutasi keluar daerah
Sabahat Folder Contoh Surat yang budiman. Di sini admin tidak akan bercerita panjang lebih tentang proses mutasi kendaraan. Tapi, hanya ingin berbagi contoh salah dokumen yang dibutuhkan di saat memutasi kendaraan, yaitu surat kuasa.

Mengapa harus ada surat kuasa saat memutasi kendaraan? Banyak faktornya, bisa jadi karena pemohon asli berhalangan karena kesibukannya, atau karena lokasi yang jauh, atau alasan-alasan lainnya.

Nah, jika Anda sedang mencari contoh surat kuasa mutasi kendaraan. Berikut ini admin sajikan lampiran contoh surat kuasa tersebut. Silahkan dilihat.

contoh surat kuasa mutasi kendaraan
Surat Kuasa Mutasi Kendaraan

Dan jika Anda memang benar butuh dan ingin membuat surat yang semisal dengan contoh surat di atas. Maka Anda tidak perlu khawatir dan repot-repot harus menulis ulang.

Di bawah ini admin telah menyalin ulang surat tersebut. Anda sangat diperbolehkan untuk meng-copy-nya tanpa harus izin terlebih dahulu. Ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu jangan lupa untuk mengubah isian suratnya! Hehe..
SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rachma
Nomor KTP : 3520036612420001
Alamat : Taman Mutiara Blok VI.C/30 RT 02 RW 11 Mayasari,
                           Citeureup 
Kab. Bogor

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA, memberikan kuasa kepada :

Nama : Abdullah
Nomor KTP : 3220041008930004
Alamat : Bukit Mutiara Indah 6/CF-43 RT 05 RW 13, Bukit Telaga Raya
   Meteseh, Tembalang, Semarang

Dan selanjutnya disebut PIHAK KEDUA, untuk membantu  menguruskan mutasi kendaraan dengan spesifikasi sebagai berikut:
Nomor Registrasi : H-8500-RH
Merk         : CHEVROLET
Type         : CAPTIVA 2.0 OL FL2 (4X
Model : MPNP/MINUBUS
Tahun Pembuatan : 2014
Nomor Rangka         : MMMCA26YEEH385038
Nomor Mesin : Z20D1333635K

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bogor,  14 Sa’ban 1438 H.
10   Mei   2017  M.

Penerima Kuasa
PIHAK KEDUA



( Abdullah )


Pemberi Kuasa
PIHAK PERTAMA

materai

( Rachma )
Atau untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengunduh contoh surat di atas melalui link berikut:
Demikian format penulisan surat kuasa pengurusan mutasi kendaraan yang baik dan benar. Semoga contoh surat di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang membutuhkannya.


Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan tanggapan atau masukan yang positif. Admin dengan senang hati akan menerima dan mempertimbangkannya. Itu semua demi kemajuan bersama. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Contoh Surat Kuasa Pengurusan Mutasi Kendaraan"

Post a Comment