Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa

Sahabat Folder Contoh Surat yang berbahagia. Sebulan yang lalu admin pergi ke Jakarta untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu agendanya adalah mencoba alat transportasi terbaru yang dimiliki oleh ibukota, yaitu MRT.

Namun saat menaiki MRT, ada kejadian yang menyebabkan admin disidang di stasiun terakhir MRT, Lebak Bulus. Anak laki-laki admin yang berusia 3 tahun 4 bulan tidak sengaja menekan tombol Emergency Intercom. Lalu admin pun dipanggil security dan dimohon menghadap atasan mereka di kantor.

Mengapa bisa terjadi? Karena posisi tombol tersebut sangat mudah dijangkau oleh anak-anak (satu jengkal dari kepala orang dewasa) dan dengan pengamanan ala kadarnya (papan akrilik kecil yang mudah digeser). Sehingga anak seusia putra admin pun bisa menjangkau dan menekannya. Lihat gambar berikut ini:
tombol emergency intercom di mrt
dokumentasi pribadi
Dan sesuai dengan aturan yang ada, admin diharuskan membayar denda sebesar Rp. 10,000,000,- (terbilang: sepuluh juta rupiah). Ukuran yang sangat besar sekali bagi admin.

Akhirnya admin menyampaikan bahwa admin tidak mampu untuk membayar uang sebanyak itu, dan meminta supaya dibebaskan karena itu dilakukan tanpa sengaja dan oleh anak kecil.

Akhirnya pihak manajemen menyetujui untuk membebaskan admin dari denda tersebut, namun dengan syarat admin harus bisa melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Lalu keesokan harinya admin langsung mengurus surat tersebut. Prosesnya diawali dengan meminta surat pengantar dari RT (rukun tetangga) tempat admin tinggal sesuai dengan KTP. Kemudian surat pengantar tersebut dibawa ke kantor kelurahan/desa. Dan jangan lupa untuk membawa fotocopy KTP.

Dan di saat di kantor kelurahan, admin ditanya untuk apa tujuan dari pembuatan surat keterangan tidak mampu tersebut. Alasan admin sedikit berbeda dari biasanya yang digunakan untuk mengajukan beasiswa, namun alasan admin adalan supaya dibebaskan dari denda kesalahan menekan tombol emergency intercom di MRT.

Lalu bagaimana bentuk surat tersebut? Berikut ini hasil scan dari Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang admin dapat dari kantor kelurahan di desa Madigondo Kec. Takeran Kab. Magetan Jawa Timur.
surat keterangan tidak mampu dari desa
Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa
Sebenarnya suratnya sederhana, tapi berharga mahal. Hehe... Adapun teks salinan dari surat tersebut adalah sebagai berikut:
KOP SURAT
---
SURAT KETERANGAN
Nomor: ...


Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan menerangkan bahwa:

Nama : ...
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat, tgl. Lahir : ...
NIK         : ...
Pekerjaan          : Guru
Alamat : ... Desa Madigondo, Kec. Takeran Kab. Magetan
Keterangan : Bahwa orang tersebut di atas benar-benar Penduduk Desa Madigondo yang termasuk Keluarga tidak/kurang mampu.

Dipergunakan : Mohon agar diberikan pembebasan biaya denda MRT.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.

Madigondo, 21-08-2019
a.n Kepala Desa

ttd dan stempel

(Nama Kepala Desa)
Sebelumnya SIM C admin ditahan sebagai jaminan, dan dapat diambil kembali dengan menunjukkan SKTM. Setalah SKTM berada di tangan, admin harus kembali mendatangi kantor MRT di Stasiun MRT Lebak Bulus dan mengantarkan surat tersebut sebagai pengganti jaminan (SIM C).

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, dan pesan admin berhati-hatilah ketika Anda membawa anak kecil saat menaiki MRT, jangan sampai apa yang terjadi dengan admin terjadi pula terhadap Anda. Dan konon katanya kejadian yang menimpa admin sudah banyak korbannya. Dengan alasan yang telah disebutkan di atas, posisi tombol yang mudah terjangkau oleh anak kecil.

Contoh surat sebelumnyaContoh Surat Permohonan Kerjasama Pengangkutan Sampah.

Demikian isi surat keterangan tidak mampu dari kelurahan dan format penulisannya. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa"

Post a Comment